Let's Chat

Rekomendasi Alat Kopi untuk Memulai Bisnis Cafe

alat kopi untuk memulai bisnis cafe

Mungkin ada beberapa dari Anda yang memiliki mimpi membangun sebuah bisnis cafe dengan beragam menu kopi yang ditawarkan. Cafe yang cozy dengan menu minuman dan makanan yang lezat memang bisa menjadi aset berharga. Namun sebelum sampai di titik itu, muncul satu pertanyaan yang mengganjal. Bagaimana cara memulai bisnis cafe?

Memulai sebuah usaha cafe memang bukan perkara mudah. Sama halnya dengan bisnis lainnya, bisnis cafe juga membutuhkan persiapan yang matang agar tidak gagal di tengah jalan, terlebih mengingat persaingan yang begitu ketat. Disisi lain, ada banyak peralatan coffee shop yang perlu dipersiapkan. Padahal tidak sedikit dari peralatan tersebut yang dibanderol dengan harga yang terbilang mahal.

Kekhawatiran memulai usaha cafe biasanya memang tidak lepas dari urusan permodalan. Meski demikian, bukan berarti Anda tidak bisa memulainya dengan peralatan coffee shop yang sederhana. Setidaknya, peralatan yang ada sudah memadai untuk menjalankan bisnis. Berikut rekomendasi alat kopi untuk memulai bisnis cafe.

Alat Kopi Untuk Usaha Cafe

1. Coffee Grinder

jual grinder kopi

Tidak peduli kedai kopi atau kafe artis terkenal, peralatan coffee shop yang satu ini pasti selalu ada. Bisa dibilang, inilah alat kopi pertama yang wajib Anda pertimbangkan saat akan membuka bisnis cafe.

Orang biasanya datang ke kafe bukan hanya untuk nongkrong. Banyak dari mereka yang ingin menikmati kopi segar dan baru digiling dari bijinya. Aroma kopi yang baru digiling memang jauh lebih segar, begitu juga dengan rasanya. Untuk itulah, Anda butuh coffee grinder atau penggiling kopi sebelum memulai usaha cafe.

Peralatan coffee shop yang satu ini berguna untuk menggiling biji kopi untuk kemudian dinikmati. Di pasaran, ada beberapa jenis coffee grinder. Ada coffee grinder manual, ada juga yang elektrik. Selain itu ada juga jenis coffee grinder yang menggunakan mata pisau dan burr atau gerinda.

Saat memilih coffee grinder, sebaiknya pertimbangkan kemudahan dalam penggunaan juga. Karena bagaimanapun juga, tujuan Anda membeli coffee grinder adalah untuk bisnis. Jadi peralatan coffee shop yang dipilih harus memudahkan urusan bisnis Anda nantinya.

2. Timbangan

timbangan

Rasa kopi tidak hanya ditentukan oleh jenis kopi yang digunakan. Takaran yang Anda gunakan juga menentukan. Hal ini juga harus Anda pikirkan saat hendak memulai usaha cafe. Untuk membantu menakar kopi yang akan digiling dan diseduh nanti, pastikan kafe Anda memiliki timbangan.

Timbangan yang digunakan tidak harus fancy atau punya desain yang elegan. Poin utamanya di sini adalah akurasi. Seberapa akurat timbangan tersebut, inilah poin utama yang harus Anda pertimbangkan saat akan memasukkan timbangan ke dalam daftar peralatan coffee shop.

Harga timbangan kopi ini cukup bervariasi. Anda bisa mendapatkannya mulai di puluhan ribu rupiah. Namun untuk kebutuhan bisnis cafe, lebih disarankan untuk membeli timbangan yang harganya di kisaran Rp 400 ribu hingga Rp 1,2 juta. Selain karena akurasinya, timbangan di rentang harga tersebut juga awet. Ingat, untuk usaha cafe, pastinya Anda akan sering menimbang kopi untuk pelanggan.

3. Teko

teko leher angsa

Jika Anda ingin membuka kafe, peralatan coffee shop yang satu ini wajib ada. Tapi bukan teko biasa. Teko yang dibutuhkan untuk membuat kopi adalah jenis gooseneck kettle atau teko leher angsa.

Gooseneck kettle ini sangat penting untuk menyeduh kopi dengan metode pour over. Selain lebih mudah digunakan, teko jenis ini juga dapat menarik aroma dan rasa kopi dengan lebih maksimal. Ada beberapa merek teko gooseneck. Namun jika bisnis cafe, lebih disarankan untuk menggunakan teko dari merek Hario atau merek lain yang sudah teruji kualitasnya.

4. Coffee Dripper

v60 olive wood

Metode manual brew tergolong populer di kalangan para pecinta kopi. Metode ini dinilai mampu menghasilkan karakteristik rasa yang unik dan sulit diperoleh dari mesin espresso sekalipun. Karena alasan ini jugalah, peralatan yang satu ini wajib ada saat Anda tengah mempersiapkan bisnis cafe.

Coffee dripper yang kini populer di Indonesia adalah jenis V60. Dari segi harga, alat yang satu ini juga tidak mahal tergantung dari material alat yang digunakan. Jadi meski baru memulai usaha cafe, Anda tidak perlu modal besar untuk membeli alat yang satu ini.

5. Vietnam Drip

kikkerland

Di Indonesia, tidak sedikit pecinta kopi yang suka dengan karakter rasa pahit berbalut manisnya susu kental manis. Karakter rasa seperti ini biasa dijumpai pada kopi yang diseduh dengan cara khas masyarakat Vietnam, yakni dengan menggunakan Vietnam Drip. Banyak usaha cafe yang menawarkan menu kopi yang satu ini. Jadi bagi Anda yang ingin membuka kafe, pastikan Vietnam Drip ada dalam daftar peralatan coffee shop yang wajib dipersiapkan.

Vietnam Drip biasanya dibanderol di harga kurang dari Rp 100 ribu. Bahkan tidak sedikit yang harganya berada di angka Rp 20 ribu. Namun untuk bisnis cafe, lebih disarankan untuk memilih Vietnam Drip yang harganya sedikit lebih mahal. Selain untuk menjaga rasa, daya tahannya juga relatif lebih bagus.

6. French Press

bialetti french press

Semua pecinta kopi suka dengan kopi asli. Meski demikian, mereka umumnya tidak suka jika kopi yang mereka nikmati masih ada ampasnya. Salah satu cara seduh tanpa ampas yang banyak digunakan adalah dengan menggunakan French Press. Kemudahan dalam pengoperasian juga membuat alat ini sempurna untuk memulai sebuah usaha cafe.

Harga French Press ini tidak terlalu mahal. Namun untuk bisnis cafe, sebaiknya pilih yang harganya diatas Rp 100 ribu.

7. Alat Pembuat Espresso

mesin espresso

Kafe-kafe saat ini banyak yang menawarkan menu espresso. Untuk membuatnya, biasanya digunakan mesin espresso besar dan mahal. Namun jika Anda baru memulai usaha cafe, Anda bisa memilih metode manual dengan menggunakan moka pot atau aeropress.

mokapot listrik
Alat Moka Pot

Pengoperasian moka pot dan aeropress tidak terlalu sulit. Karena tergolong sebagai alat pembuat kopi manual, kedua alat tersebut juga mampu menghasilkan cita rasa yang unik. Harga keduanya juga jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan mesin espresso. Anda pun bisa menginvestasikan modal yang ada untuk membeli peralatan coffee shop yang lain.

Memilih Peralatan Coffee Shop Berkualitas

Dalam bisnis cafe, dekorasi tempat memang memiliki peran besar. Namun tanpa rasa kopi yang enak, rasanya sulit untuk membuat pembeli datang lagi. Di sinilah pentingnya kualitas peralatan coffee shop yang digunakan.

Di luar sana ada banyak peralatan kopi murah. Hanya saja, jangan mudah tergoda. Faktor harga selalu memiliki peran besar dalam menentukan kualitas barang. Jadi alih-alih memilih produk murah dengan merek tidak jelas, lebih disarankan memilih alat kopi yang mereknya sudah teruji.

Situs iKopi.co.id merupakan penyedia alat kopi berkualitas yang tidak hanya melayani para penikmat kopi rumahan namun juga para pemilik usaha cafe. Produk yang tersedia memiliki standar kualitas yang tinggi. Produk dari merek-merek besar seperti Hario dan Bialetti bisa ditemukan di sini. Harga yang ditawarkan juga terjangkau.

2 thoughts on “Rekomendasi Alat Kopi untuk Memulai Bisnis Cafe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Our website uses cookies to improve your experience. Learn more about our cookie policy.